Kiat Aman dari PEMBOBOLAN ACCOUNT

Kamis, 17 Desember 2009

Saat ini, facebook, Yahoo!Messenger, dan friendster merupakan situs jejaring sosial yang sangat digandrungi banyak orang. Karena itu saya merasa sangat prihatin dengan semakin banyaknya account milik pengguna tiga layanan tersebut yang dibobol oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Saya sering browsing dan mendapati banyak sekali berita dan keluhan pengguna internet yang terkena cyber crime ini. Nah, supaya kejadian yang sama tidak menimpa Anda, saya akan coba memberikan informasi kenapa account Anda bisa dibobol dan bagaimana cara mengantisipasinya.

Kebanyakan pengguna internet pastinya memiliki alamat e-mail untuk berkomunikasi atau sekedar ikutan milis atau member suatu forum di dunia maya. Biasanya, pengguna internet seperti anda, apabila hendak membuka account Friendster, Facebook atau website-website lainnya pasti 80% menggunakan username dan password e-mail Anda, bukan? kalau jawaban Anda iya, berarti Anda rawan menjadi korban phising/fraud.

Kok bisa? Ya bisa saja. mari saya jelaskan. Ketika kita berkunjung kesuatu situs web dan mendaftarkan diri, Anda harus mengisi form, bukan? Nah, disinilah celah awal mula pembobolan bisa terjadi. ketika diminta memasukkan username & password, muncullah kebiasaan buruk anda yakni mengisinya sama persis dengan username & password e-mail yang anda miliki. Seorang webmaster yang jahat bisa menggunakan data tersebut untuk mengecek ke e-mail Anda, login ke Yahoo!Messenger, Friendster, Facebook bahkan PayPal.

Atau ada juga berita miring perihal Friendster teman saya yang diisi profil yang tidak menyenangkan, kemudian oknum tersebut mengganti passwordnya, sehingga setelah profilnya diutak-atik, pemilik asli account tersebut tidak bisa login dan mengubahnya kembali.

Lalu antisipasinya bagaimana ? Begini saran saya.

  1. Kalau Anda bergabung dengan website yang memerlukan pendaftaran, jangan membuat username/password yang sama dengan e-mail atau account Bank anda.
  2. Kalau Anda memakai Yahoo!Messenger, ketika Anda login ditempat umum/warnet,jangan pernah mencentang opsi "remember password".
  3. Kalau Anda menggunakan Friendster, setelah Anda login di warnet, usahakan selalu logout apabila telah selesai menggunakanya. Karena Friendster tersebut masih menyimpan cookies, sehingga jika anda tidak logout, orang berikutnya yang menggunakan komputer tersebut bisa mengutak-atik Friendster Anda.
  4. Apabila Anda menerima e-mail yang mengatasnamakan Yahoo! atau Friendster, jangan percaya 100%. Contoh : "We are Friendster team, we would lika to inform you that your account is crash, if you do not input your username & password, you will lose your recent data." Nah, kemudian Anda akan disuruh mengklik dan muncul halaman seperti Friendster. Kalau sudah begini, jangan pernah memasukkan username & password Anda karena itu cuma jebakan.

Saya pernah mempraktekkan teori ini. saya memiliki website yang memerlukan pendaftaran, dan luar biasa, 80% pendaftar menggunakan username/password e-mail mereka, saya coba login ke Yahoo! mereka, bisa masuk, ke Friendster juga bisa login.

Sudah sadar kan betapa berbahayanya perbuatan yang sudah biasa Anda lakukan selama ini? Bagaimana semisal di inbox Anda e-mail pribadi yang orang lain tidak boleh tahu, atau tersimpan password internet banking/PayPal?

Jadi, mulai sekarang, berhati - hatilah dalam berinternet.

Dikutip dari Majalah PCplus edisi 331, Rubrik Tips, penulis : Jaap NS (jaapns@gmail.com)


0 komentar:

Posting Komentar

Ingin berlangganan artikel? Silahkan masukkan alamat E-mail Anda:

Delivered by FeedBurner